Apa Itu Diet Ketogenik

Diet ketogenik atau diet keto yang tengah ramai diperbincangkan menuai polemik di sebanyak kalangan kesehatan. Beberapa berpengalaman memandang jenis diet yang dilaksanakan dengan duniabetting188 meminimalisir asupan karbohidrat, dan menggantinya dengan asupan lemak serta protein lebihtidak sedikit ini baik-baik saja.

Apa Itu Diet Ketogenik
Apa Itu Diet Ketogenik

Namun sejumlah kalangan memandang diet keto memiliki risiko yang bisa mengganggu metabolisme dan kesehatan tubuh.

Diet keto dipercayai dapat menurunkan berat badan, salah satunya sebab dengan mengonsumsi lemak lebih banyak, maka tubuh merasa kenyang lebih lama.

Mengurangi kalori tanpa merasa kelaparan ialah salah satu yang menciptakan orang tertarik mengekor diet keto.

Asupan protein yang tinggi membuat kemauan makan turun. Hal inimenciptakan orang-orang yang mengerjakan diet keto memang tidakterlampau bernafsu makan.

Di samping itu, dengan berkurangnya karbohidrat, air tidak sedikit dikeluarkan dari dalam tubuh. Ini yang menciptakan berat badan gampang turun ketika seseorang merealisasikan diet keto.

Namun begitu, pengurangan air berlebihan dari tubuh ini memiliki risiko yang komplek, mulai dari kelelahan sampai kram otot. Hal ini diterangkan oleh Alix Turoff, R.D., C.D.N., C.P.T., seorang berpengalaman diet.

“Ini mengakibatkan ginjal menerbitkan lebih tidak sedikit air, bareng dengan elektrolit yang diperlukan tubuh Anda, laksana magnesium, kalsium, natrium, dan kalium. Sementara itu, elektrolit yang tidaksebanding dapat mengakibatkan kram otot, detak jantung tidak teratur, kelelahan, distorsi kognitif, dan kurangnya kontrol suhu tubuh,” katanya sebagaimana dilaporkan Shape.

Asupan karbohidrat yang berkurang menyeluruh akan mengakibatkan tubuhkelemahan karbohidrat dan gula, proses berikut yang dinamakan dengan ketosis. Ketika tubuh kita kesatu kali menginjak ketosis, anda mungkinmerasakan serangkaian efek samping yang dinamakan keto flu.

Hal ini diterangkan Jennifer M. Brown, R.D., seorang staf pengajar di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan dan Promosi Kesehatan Universitas Arizona.

“Keto flu itu dapat berupa kelelahan, pusing, pusing, sulit tidur, dan sembelit, semua dampak dari pembatasan karbohidrat yang ekstrem,” katanya.

Di samping itu, saat kita sengaja memberi batas karbohidrat, tubuhanda akan memproduksi lebih tidak banyak insulin, dan penyimpanan glikogen di otot dan hati bakal habis. Untuk masing-masing 1 gram glikogen yang habis, anda kehilangan selama 3 gram air.

Menggantungkan 80-90 persen kalori melulu dari lemak saja ialah sesuatu yang sulit. Sementara itu, orang dewasa memerlukan asupan energi yang lebih tidak sedikit karena aktivitasnya pun lebih tinggi. Di samping itu, kandungan lemak tinggi dalam diet ini pun dapat menambah kadar kolesterol dan berkontribusi menambah penyakit kardiovaskular.

“Tanpa serat dari biji-bijian dan buah-buahan, Anda pun kemungkinan akanmerasakan konstipasi dan mempunyai masalah pencernaan lainnya,” demikian yang dilansir Popular Science soal akibat diet keto pada orang dewasa.

Karenanya, diet keto secara medis tidak dianjurkan untuk dilakukan. Dokter ingin menganjurkan supaya orang yang bakal menjalani diet untukmerealisasikan pola santap gizi seimbang supaya asupan gizi pada tubuh tetap terjaga.

“Saya bukan pada posisi menganjurkan itu. Tidak pro sebab kita santap harus dengan gizi seimbang,” kata dr. Diana Sunardi, M. Gizi, SpGk untuk wartawan Tirto pada April 2017 lalu.

Lebih lanjut dr. Diana menuliskan dengan meminimalisir asupan zat tertentu secara terus menerus, maka tubuh akan kelemahan zat gizi. Kondisi demikian semakin lama dikhawatirkan bakal menimbulkan akibat negatif pada tubuh.

Sebagaimana dilansir Antara, spesialis gizi klinik Dr. Samuel Oetoro mengatakan, total lemak yang jadi asupan dalam diet keto mesti terdiri dari 80 persen asam lemak tak bosan ganda, sisanya ialah lemak jenuh.

Asam lemah tak bosan terbagi dua, yaitu asam lemak tak bosan tunggal (Monounsaturated Fatty Acid/ MUFA) dan asam lemak tak bosan ganda (Polyunsaturated Fatty Acid/ PUFA).

Contoh MUFA ialah minyak zaitun, kacang tanah, kedelai, jagung unggas, kacang kenari, butter kacang tanah dan alpukat. Sedangkan asam lemak takbosan ganda alias PUFA dapat didapat dari ikan laut, minyak ikan dan minyak kedelai.

Sayangnya, apa yang diterapkan di Indonesia belum pasti tepat. Banyaksalah satu pelaku diet keto keliru memilih lemak, mereka malah lebihtidak sedikit menyantap daging-daging berlemak yang tergolong dalam lemak jenuh.

Berdasarkan penelitian, diet keto usahakan hanya dilaksanakan selama tiga sampai enam bulan. Di bawah tiga bulan ialah waktu yang sangat ideal. Terlalu lama berdiet keto malah akan menciptakan asam urat dan kolesterol jahat semakin tinggi.

Orang obesitas yang sehat boleh mengerjakan diet keto. Sebaliknya, mereka yang punya sekian banyak  penyakit laksana asam urat atau kolesterol tinggi tidak direkomendasikan merealisasikan diet karena melulu akanmenciptakan tingkat asam urat dan kolesterol jahat dalam tubuh semakin tinggi.

Namun, Samuel tidak merekomendasikan diet keto diterapkan oleh semua pekerja yang dituntut untuk tidak jarang kali berpikir. Sebab, perlu karbohidrat untuk menciptakan sel-sel benak bekerja dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *